Air screw merupakan baut yang bisa distel untuk mengatur banyak dan sedikitnya udara msuk ke karburator
Jet Needle Bagian yang berbentuk jarum berfungsi untuk mengatur bukaan bahan bakar
Venturi merupakan tempat pencampuran bahan bakar dan udara dengan cara merubah kecepatan dan tekanan udara.
Merawat Paru-paru mesin (karburator)
Karburator adalah salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membuat komposisi gas yang akan masuk dalam ruang bakar, komposisi itu terdiri dari udara dan bahan bakar. Perbandingan komposisi bahan bakar : udara tersebut secara teori adalah 1:14 atau pada prakteknya berkisar 1:13-15. Perbandingan tersebut bertujuan untuk menghomogenkan campuran bahan bakar-udara, karena semakin homogen maka pembakaran semakin sempurna yang berdampak berkurangnya knocking mesin.
Pemilihan jenis bahan bakar juga berpengaruh karena tiap bahan bakar mempunyai nilai oktan (daya bakar) yang berbeda satu sama lain. misalnya bensin premium mempunyai nilai oktan 88, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Semakin tinggi nilai oktan tentunya berpengaruh terhadap pembakaran mesin, mesin akan menghasilkan daya yang lebih besar, dan tentunya dari segi harga juga lebih mahal.
Menimbang dari wacana diatas, maka karburator sebagai pencampur komposisi bahan bakar mempunyai peranan penting yaitu dalam masalah performa mesin. Sebaiknya karburator mendapatkan perhatian khusus dalam perawatannya. Berikut adalah tips untuk merawat karburator:
Pemilihan jenis bahan bakar juga berpengaruh karena tiap bahan bakar mempunyai nilai oktan (daya bakar) yang berbeda satu sama lain. misalnya bensin premium mempunyai nilai oktan 88, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Semakin tinggi nilai oktan tentunya berpengaruh terhadap pembakaran mesin, mesin akan menghasilkan daya yang lebih besar, dan tentunya dari segi harga juga lebih mahal.
Menimbang dari wacana diatas, maka karburator sebagai pencampur komposisi bahan bakar mempunyai peranan penting yaitu dalam masalah performa mesin. Sebaiknya karburator mendapatkan perhatian khusus dalam perawatannya. Berikut adalah tips untuk merawat karburator:
- Membersihkan saringan udara (air filter), buka saringan udara dan bersihkan dengan memberikan angin bertekanan dari kompresor sehingga kotoran atau debu hilang dari saringan. Untuk motor lama yang saringannya terbuat dari busa, bersihkan dengan angin bertekanan dan lumuri busa dengan minyak solar dan biarkan samapai tidak ada minyak solar yang menetes, setelah itu pasang kembali saringan ke tempatnya.
- Membersihkan Karburator, lepaslah karburator dengan cara melepaskan baut-baut pengikat, tutup karburator, katup choke, dan keran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar komponen tidak mudah dol (aus). Letakkan bagian yang dilepas ke dalam mangkuk yang berisi bensin dan bersihkan dari kotoran dan karat. Semua bagian karburator di cuci dengan bensin dan pada setiap lubang dibersihkan dengan disemprot dengan udara bertekanan.
- Menyetel tinggi pelampung, pada motor lama yang menggunakan pelampung dari bahan logam memang perlu penyetelan, tapi sekarang pelampung banyak dibuat dari bahan plastik dan tidak memerlukan penyetelan.
- Merakit Karburator, Setelah semua selesai dibersihkan, pasang kembali. Sekrup penyetel bahan bakar buka 2,5 putaran dari posisi tertutup rapat dan cari rpm (putaran mesin) maksimal, serta putar sekrup gas untuk mendapatkan putaran idle.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar